feedburner
Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

feedburner count

Nge-Blog untuk Memberantas Ke“GoBlog”an Berpikir

Salah satu alasan kenapa saia belum berani nge-blog adalah belum banyak referensi kejadian untuk saia ceritakan. Hinga akhirnya semangat nge-blog yang membara melempem juga seiring dengan aktifitas sebagai mahasiswa yang bagi saia cukup menyita waktu. Ya, selain factor tidak adanya apresiasi dari para blogger terhadap tulisan saia, faktor malas untuk menulis menjadi penyumbang terbesar dalam membentuk masa-masa kegoblog-an (baca : kebekuan) berpikir saia.
Saia berkontemplasi beberapa saat, merenung dan menakar makna menulis blog, dan saia sadar betul nge-blog bukan sekedar menulis, tapi sebagai sarana untuk melawan, untuk berteriak lebih keras, untuk eksistensi, untuk berbagi, dan sebagai pemecah kebuntuan berpikir, dan saia lebih senang untuk menyebut “nge-Blog untuk memberantas ke’GoBlog’an (baca: kebekuan) berpikir”.
Akhirnya semangat menulis saia menggebu lagi, bahkan setiap hari membuat tulisan, lama-lama menumpuk di hardisk, tanpa dibaca oleh siapapun. Saia berpikir, kalau file tulisan saia hanya tersimpan di kompie, tulisan saia gak akan ngefek, lain ceritanya kalau dipublish di blog, kemungkinan dikritisi dan dikomentari semakin besar, dan memang adanya apresiasi adalah hal yang bisa membuat saia bertahan untuk menulis. Meski terkadang, saia merasa tidak pede dengan apa yang ditulis, ada ketakutan tersendiri ketika pembaca saia menganggap tulisan tidak bermutu, akhirnya tidak ada yang mau mebaca tulisan saia lagi.
Maka, butuh keberanian ekstra untuk mengpublish tulisan saia, meskipun harus memutuskan urat malu saia terlebih dahulu. Ah, tak peduli se’bagus’ apapun tulisan saia, yang penting mampu untuk mengungkapkan pemikiran, pendapat atau hujatan original saia tanpa membajak!
Go Blog!
Thursday, May 20, 2010m, Lantai 2 Perpustakaan UIN Bandung.

Artikel Yang Berhubungan







0 komentar:

Posting Komentar